10 Tips untuk Fotografi Makanan / Food Photography

Leave a Comment
Jangan berhenti mencari tahu, karena mencari tahu itu sama dengan belajar. Jadi jika kamu berhenti mencari tahu artinya sama saja dengan kamu berhenti belajar. 

Posting kali ini, kami akan membagikan sedikit tips untuk kamu yang mencari pengetahuan lebih tentang Food Photography. Nah langsung saja 10 Tips untuk Fotografi Makanan (untuk semua level).

10 best tips for food photography / 10 tips untuk fotografi makanan - Flavary





1. Gunakan peralatan yang sesuai.
Anyway, sudah pernah kita bahas pada posting sebelumnya mengenai peralatan yang terbaik untuk menghasilkan foto yang indah. Jika anda menggunakan DSLR dan jika anda memotret untuk blog ataupun social media, maka hasil foto dari DSLR tersebut dapat dikatakan cukup memenuhi syarat. Selebihnya menurut saya adalah bagaimana kamu mempelajari teknologi dan menerapkannya pada fotomu.

2. Cobalah bereksperimen dengan flash dan cahaya.
Pada food photo, jelas kami lebih fokus kepada teksturnya dimana cahaya adalah salah satu sumber yang digunakan untuk memunculkan tekstur tersebut.
Menurut kami, cahaya Flash Built-in pada kamera tampak sangat keras cahayanya daripada Natural Light (Cahaya Alami
dari matahari). Maka, untuk mengurangi kerasnya bisa dicoba beberapa trik.
TRIK : Coba pasang DIY diffuser pada flashnya bisa dicari di gugle.

3. Tripod adalah keharusan.
Cahaya yang suram adalah salah satu faktor untuk foto yang jelek, dimana faktor lain yang juga mempengaruhinya adalah foto yang blurry. Jika kamu telah mendapat cahaya yang bagus dimana shutter speed camera yang telah kamu set cukup lama, maka lebih baik kamu menggunakan tripod untuk memotretnya agar kualitas focus gambarmu tidak luntur akibat tangan yang gemetar.

4. Pilih ganjalan dan background yang tepat.
Viewer kamu bisa saja mengenali background tersebut dengan alam bawah sadar mereka.
Coba pilihlah meja, kain, piring atau alat makan ataupun hiasan yang dapat meningkatkan mood dan tentunya selera makan pada moment tertentu.

5. Carilah Angle yang terbaik.
Beberapa resep yang dapat memunculkan identitas pembuatannya dan juga tampil elegant ketika pemotretan adalah Foto Tegak Lurus Dari Atas, dan juga Lower Angle yang sangat sering digunakan dimana tekniknya akan kita bahas pada post selanjutnya.

6. Nalar Pemburu.
Percayalah kepada nalarmu pada saat mengambil Foto Makanan. Kadang kita harus percaya kepada nalar kita dan mengabaikan apa yang telah dipelajari jika yang dipelajari tersebut tidak berfungsi semestinya.

7. Jangan biarkan makananmu berbaring diatas meja lama-lama.
Banyak sup obat, salad atau makanan apapun kelihatan sangat tidak bergairah untuk dipotret, ini karena Sup atau Salad tersebut terlalu lama berbaring mejamu. Akibat jika kamu mengambil gambar ini, maka fotomu akan kehilangan sense seleranya.

8. Thanks to Serpihan atau Remah-remah
Jika kamu mengambil kue dan ada beberapa serpihan yang jatuh di atas meja, segeralah melihat ke dalam Kameramu karena terkadang ini dapat mengindahkan fotomu. Sedikit berantakan menambah daya tarik dan dapat membuatnya tampil lebih menggairahkan.

9. Semprotlah sedikit air.
Jika kamu mengambil foto Buah atau Sayur-sayuran, sedikit semprotan air dengan sprayer dapat mengubah foto tersebut tampil lebih Fresh seperti baru dipetik dari pohonnya di pagi hari, apalagi fotomu dilihat pada saat selesai olahraga. 

10. Bersiaplah
Dalam keadaan apapun, dengan properti seperti apapun kamu harus selalu siap untuk mengambil foto. Tingkatkan dan Gunakan kreatifitasmu untuk membentuk foto dengan karakteristikmu agar dapat dikenal oleh dunia.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment